Minggu, 31 Juli 2022

Inovasi Permen Rempah menuju Zero Nicotine Spice-Candy sebagai Subtituen Rokok

 Abstract

Kecanduan merokok merupakan salah satu permasalahan yang serius bagi kesehatan manusia. Akibat yang dapat ditimbulkan dari asap rokok tak hanya berbahaya bagi perokok aktif, namun juga bagi perokok pasif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan inovasi permen herbal sebagai pengganti rokok guna mendukung aksi zero nicotine serta mengurangi angka konsumsi rokok sekaligus menjadi solusi bagi para pecandu rokok, khususnya di Indonesia. Inovasi permen herbal ini terbuat dari campuran ekstrak jahe dan cengkih dengan rasa kopi, sehingga dalam satu kemasan produk terdapat berbagai kandungan yang baik untuk dikonsumsi tubuh. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dan studi literatur guna mengetahui kandungan senyawa dan karakteristik bahan baku pembuatan permen herbal. Pengumpulan data diambil melalui pengisian kuisioner dan pengolahan data untuk mengetahui tingkat kualitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi permen herbal memiliki kandungan kafein dari kopi yang dapat membuat pikiran lebih tenang dan fokus, memiliki kandungan eugenol dari cengkih dan senyawa aktif pada jahe sebagai antioksidan. Kandungan yan terdapat pada permen herbal ini aman dikonsumsi bagi tubuh, menyehatkan dan dapat menjadi substituen rokok, serta memiliki rasa yang nikmat dan bukan seperti rasa jamu. Permen herbal ini juga merupakan salah satu inovasi guna mendukung aksi zero nicotine.


Keywords: inovasi permen herbal, pengganti rokok, zero nicotine.


1. Introduction

Kecanduan merokok menjadi salah satu permasalahan yang cukup serius di bidang kesehatan. Rokok berbahan dasar tembakau (Nicotiana sp.) memiliki rasa dan aroma yang khas dan membuat konsumen mengalami rasa candu. Merokok tidak hanya dilakukan oleh usia dewasa tetapi usia dini 10-14 tahun dan remaja usia 16-19 tahun sudah menjadi perokok. Perokok usia 10-14 tahun pada kurun waktu 20 tahun mengalami peningkatan sebanyak 100% (Riskedas, 2018) 

Asap rokok dapat menimbulkan efek berbahaya pada kesehatan bagi perokok pasif maupun perokok aktif. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh kandungan rokok diantaranya penyakit dimulut seperti periodontitis (Infeksi pada gusi), laryngitis, faringitis, bronchitis, penyakit paru-paru obstruktif, dan kanker paruparu (Aula & Lisa, E., 2015). Merokok tidak hanya dapat menyebabkan berbagai macam penyakit bahkan dapat menimbulkan kematian. Menurut World Healt Organization (WHO, 2016), tembakau diproyeksikan dapat membunuh 10 juta orang sejak 2016 hingga 2021, dari total tersebut 70% korban didominasi oleh pria berasal dari negara berkembang terutama di Asia. 

Berbagai metode perlu dilakukan untuk mengurangi angka konsumsi rokok terutama di Indonesia. Salah satu alterntif kebiasaan tersebut yaitu dengan mengkonsumsi makanan lain seperti permen. Permen menjadi salah satu cemilan yang terjangkau, praktis, dan mudah dibawa kemanapun. Umumnya tujuan orang merokok yaitu untuk menghangatkan badan, sebagai stimulant untuk menenangkan pikiran dan lebih fokus pada suatu pekerjaan. Inovasi permen kopi rempah dibuat dari kopi memiliki kandungan kafein yang dapat membuat pikiran lebih tenang dan fokus. Selain itu dibuat dari bahan rempah berupa ekstrak jahe dan cengkih. 

Kandungan senyawa aktif pada jahe sebagai antioksidan adalah gingerol, shogaol, zingeron yang dapat bermanfaat kehangatan. Senyawa bioaktif yang tertinggi dalam cengkih yaitu eugenol yaitu sebesar 70-80% dan memiliki sifat sebagai anestetik lokal stimulan, karminatif, antiseptik, antiemetik dan antispasmodi (Nurjannah, 2004). Senyawa eugenol memiliki rumus molekul C10H12O2 dan mengandung beberapa gugus fungsional, yaitu alil (-CH2-CH=CH2), fenol (-OH) dan metoksi (- OCH3). Berdasarkan struktur tersebut dapat memungkinkan eugenol sebagai bahan dasar sintesis berbagai senyawa lain yang bernilai tinggi. Senyawa turunan dari eugenol memiliki peran dalam industri seperti industri farmasi, kosmetika, makanan dan minuman, rokok, pestisida nabati, perikanan dan kemasan aktif (Towaha, 2012).


4. Conclusion

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan Inovasi permen herbal  yang dibuat dari campuran ekstrak jahe dan cengkih dengan rasa kopi, dalam satu kemasan produk terdapat kandungan kafein dari kopi, eugenol dari cengkih dan senyawa aktif pada jahe sebagai antioksidan. Menyehatkan bagi tubuh dan dapat menjadi substituen rokok dengan rasa yang nikmat bukan rasa jamu. permen herbal ini menjadi subtituen rokok guna mendukung zero nicotine, untuk mencegah merokok maupun solusi untuk berhenti dari kecanduan merokok.


---
Salam Peneliti Muda!

Untuk hasil karya yang lebih lengkap dapat menghubungi:
Instagram: @ukmpenelitianunila
Email: ukmpenelitianunila@gmail.com / ukmpunila@gmail.com
Youtube: UKM Penelitian Unila
Tiktok: ukmpunila

0 comments:

Posting Komentar

Postingan Populer