Jumat, 09 Desember 2016

[Laporan Praktikum] Fisiologi Hewan:Kerja Enzim


  1. PENDAHULUAN


 

 

 

  1. Latar Belakang


Enzim adalah katalisator organik yang dihasilkan oleh sel hidup. Katalisator adalah substansi yang dapat merubah kecepatan reaksi kimiawi tetapi tidak merubah hasil reaksi. Ciri yang khas dari enzim ditandai oleh adanya spesifikasi untuk substrat yang mirip secara biologis. Cara kerja dari enzim ini sendiri sangat tergantung dari suhu serta lamanya waktu reaksi yang diberikan. Adanya enzim dalam proses pencernaan dalam tubuh sangat membantu dalam proses anabolishme maupun katabolihsme dari bahan makanan.



Dalam mulut makanan dihancurkan secara mekanis dengan cara dikunyah oleh gigi dan lidah. Selain dengan cara mekanis makanan dicerna dengan cara kimiawi juga yaitu dengan enzim. Didalam mulut manusia terdapat enzim yang mampu memecah amilum menjadi glukosa. Salahsatunya amylase. Itulah sebabnya kenapa kita ketika mengunyah nasi lama kelamaan akan manis. Amylase dikeluarkan dari kelenjar bersamaan dengan air liur/saliva. Tiga kelenjar saliva yaitu kelenjar sublingual, kelenjar submaksilar, dan kelenjar parotid.

 

Enzim urease merupakan enzim yang mengkatalis hidrolisis dari urea menjadi karbon dioksida dan ammonia. Enzim urease juga terdapat pada beberapa jaringan binatang dan pencernaan mikroorganisme. Urea merupakan salah satu sumber nitrogen non-protein (NPN) yang umum digunakan adalah urea. Urea dibuat dengan jalan mereaksikan ammonia dan karbondioksida.

 

 

  1. Tujuan


 

Adapun tujuan ari praktikum ini adalah

  1. Mengetahui cara kerja enzim amylase dan urease

  2. Pengaruh suhu dan PH terhaap kerja enzim


 

FULL TEXT DOWNLOAD HERE

0 komentar:

Posting Komentar