Minggu, 09 Oktober 2016

[Laporan Praktikum] Ekologi: Kompetisi pada Tumbuhan

PENDAHULUAN


 

 

  1. Latar Belakang


Persaingan tumbuhan dalam suatu spesies mampu di liat pada jarak antar tumbuhan. di mana sebenarnya persaingan yang paling keras terjadi antara tumbuhan yang sama spesiesnya, sehingga tegakan besar dari sepesies tunggal sangat jarang di temukan di alam. Persaingan antar tumbuhan yang sejenis ini mempengaruhi pertumbuhannya karena pada umumnya bersifat merugikan



Namun dalam praktikum ini yang diteliti adalah kompetisi yang terjadi antara tanaman jagung dan kacang hijau. Kompetisi tersebut dapat berbentuk perebutan sumber daya yang terbatas (resource competition) atau saling menyakiti antar indifidu yang sejenis dengan kekuatan fisik (interference competition). Kompetisi yang terjadi antara individu sejenis disebut sebagai kompetisi intraspesifik sedangakan interaksi antara individu yang tidak sejenis disebut interaksi interspesifik.

dalam praktikum ini kita akan mengetahui faktor penentu apa saja yang berpengaruh terhadap tanaman cabai dan kacang hijau yang di amati serta interaksi yang terjadi diantara keduanya.

 

  1. Tujuan


Tujuan dari praktikum ini adalah mempelajari dan memahami bentuk dan akibat yang ditimbulkan dari kompetisi pada tumbuhan.

 

full text download here

0 komentar:

Posting Komentar