Selasa, 16 Mei 2017

STRATEGI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MENANAMKAN JIWA INTEGRITAS PADA PASUKAN TNI-AL

STRATEGI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MENANAMKAN JIWA INTEGRITAS PADA PASUKAN TNI-AL


Oleh :
Toni Chanigia
Abstrak

Kondisi laut yang mencapai dua per tiga luas wilyah Indonesia memunujakan diperlukanya meningkatkan kualitas TNI-AL dalam menjaga kedaulatan khusunya area laut. Demi meningkatkan integritas tersebut pemerintah melakukan gebrakan dengan meningkatkan anggaran TNI Angkatan Laut untuk melengkapi persenjataanya dan melengkapi kapal-kapal yang berfungsi untuk melakukan operasi serta pengawasan terhadap laut Indonesia. Namun persenjataan yang lengkap belum terasa cukup untuk meningkatkan integritas TNI-AL. Hal yang paling utama meningkatkan pasukan TNI-AL adalah pondasi pasukan yang jujur, amanah, berjiwa pemimpin, berwibawa, dan cerdas. Apa lagi melihat pemberitaan belakang ini mengenai terseretnya anggota TNI-AL oleh beberapa kasus seperti gratifikasi, penyelundupan BBM, pelanggaran HAM, dan tindak asu sila menunjukan perlu adanya lebih penekanan penanaman moral. Penanaman moral dalam pasukan TNI-AL dapat dilakukan dengan menginternalisasi ajaran Ki Hajar Dewantara seperti ajaran pendidikan karakter, agama, pendidikan tanpa politik, serta menanamkan tiga semboyan besar Ki Hajar Dewantara.
Adapun hal-hal yang akan dicapai dalam penulisan karya tulis ini yaitu berupa memberikan indentifikasi nilai-nilai Ajaran Ki Hajar Dewantara yang dapat diaplikasikan dikalangan anggota TNI-AL dan menggambarkan program pengaplikasian nilai-nilai Ajaran Ki Hajar Dewantara yang dapat diterapkan dikalangan anggota TNI-AL.
Penerapan ajaran-ajaran Ki Hajar Dewantara dapat dilakukan dari proses seleksi calon anggota TNI-AL dengan mengunakan sistem penilaian transparan untuk menghindari terjadi politik uang. Kemudian dalam tahap pendidikan calon anggota TNI-AL dapat ditanamkan pendidikan agama dan pendidikan karakter. Demi benar-benar mendapatkan pasukan yang integritas yang tinggi bisa diberlakukan sistem kontrak untuk melihat hasil tindakan selama terjun langsung kelapangan. Dari sistem ini baru akan didapat pasukan dengan integritas tinggi dan siap mengemban tugas negara. Selanjutnya dalam menjalankan tugas, TNI-AL juga perlu menanamkan nilai-nilai arti tiga semboyan Ki Hajar dewantar yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani. Dengan penerapan nilai-nilai tersebut akan dihasilakan pasukan yang handal dan disegani dunia.

Kata Kunci : Integritas, Pendidikan Moral, Ajaran Ki Hajar Dewantara

Versi full disini

0 komentar:

Posting Komentar