Rabu, 05 April 2017

UKM-Penelitian Universitas Lampung Rebut Juara Satu LKTI Nasional di Universitas Hasanudin

UKM-Penelitian Unila Raih Juara Nasional


Pada bulan Maret tepatnya tanggal 17 Maret 2017 - 20 Maret 2017 tim Universitas Lampung yang diwakili oleh tim dari Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian Universitas Lampung (UKM-P Unila) mengikuti Final Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional di Universitas Hasanudin. Tim tersebut merupakan hasil seleksi dari proposal pada bulan sebelumnya dan diseleksi menjadi 10 besar untuk melakukan presentasi final dihadapan para dewan juri. Dalam hal ini, proposal penelitian Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian Universitas Lampung (UKM-P Unila) berhasil terpilih menjadi 10 finalis yang berhak mengikuti babak final di Universitas Hasanudin, Makassar.

Proposal tim Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian Universitas Lampung (UKM-P Unila) merupakan hasil penelitian dari Toni Chanigia (Teknik Sipil 2014), Sinta Alvianti (Agroteknologi 2015), Valentino Budi Pratama (Kimia, 2015), dan Noviani Widiawati (Kimia, 2016). Tim ini mengangkat tentang penelitian cangkang biji karet menjadi asap cair. "Penelitian ini bermula dari prihatinya kami terhadap harga getah karet yang murah kemudian potensi biji karet belum teroptimalkan" ujar Toni. Jadi penelitian yang mereka angkat adalah membuat teknologi kondensator untuk membuat asap cair dari cangkang biji karet. Asap cair yang dihasilkan akan dapat dipergunakan untuk pengawet makanan, antiseptik, dan antibakteri.

Dalam partai Final tim Universitas Lampung harus besaing dengan tim UGM, UNDIP, UNSRI, Universitas Pertamina, UNS, UNPAD, UNHAS, USU, dan UI. Tim dengan ketua Toni Chanigia ini harus melakukan presentasi dan meyakinkan dewan juri. Dengan persiapan yang singkat, alhamdulillah tim Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian Universitas Lampung (UKM-P Unila) berhasil merebut Juara Satu. Ini merupakan prestasi yang ketiga di tahun 2017 yang ditorehkan oleh UKM-Penelitian Unila. "Semoga hasil penelitian ini dapat diimplementasikan dimsyarakat khususny petani karet, sehingga memberi penghasilan tambahan" ujar Toni mengakhiri percakapan.

Mari kita jadikan prestasi ini menjadi awal langkah untuk kita melangkah lebih jauh dan semoga nama baik almamater Universitas Lampung dapat berjaya di tingkat Nasional dan Internasional.

Salam Peneliti Muda ! ! !

0 komentar:

Posting Komentar