Jumat, 09 Desember 2016

[Laporan Praktikum] Fisiologi Hewan: RESPIRASI DAN ENERGI METABOLISME

Latar Belakang

Katabolisme merupakan proses pemecahan/perombakan senyawa kompleks menjadi sederhana yang dengan melepaskan energi yang disebut pula eksorgenik. proses katabolisme meliputi Respirasi sel. Respirasi dalam biologi adalah proses mobilisasi energi yang dilakukan jasad hidup melalui pemecahan senyawa berenergi tinggi (SET) untuk digunakan dalam menjalankan fungsi hidup. Dalam pengertian kegiatan kehidupan sehari-hari, respirasi dapat disamakan dengan pernapasan

Respirasi sel diawali dahulu dengan pengambilan oksigen di udara dengan proses bernapas, setelah oksigen berdifusi ke alveoli slanjutnya oksigen akan diikat oleh hemoglobin dan ikut peredaran darah untuk didistribusikan ke seluruh tubuh. oksigen akan berdifusi memasuki sel dan dimetabolisme bersama molekul gula, metabolism ini akan menghasilkan energy dalam bentuk ATP, ATP digunakan sel untuk melakukan metabolism lain.

Dalam praktikum ini akan dilakukan percobaan mengenai pengaruh perbedaan kelamin, aktifitas, massa tubuh dan suhuterhadap frekuensi respirasi, detak jantung, denyut nadi dan laju respirasi suatu organisme.

 Tujuan

Tujuan dari praktikum ini yaitu Mengamati dan mempelajari gerakan-gerakan respirasi, frekuensi pernapasan, jantung dan nadi.

 

FULL TEXT DOWNLOAD HERE

0 komentar:

Posting Komentar