Jumat, 09 Desember 2016

[Laporan Praktikum] Fisiologi Hewan: Darah

A.    Latar Belakang

Darah adalah cairan penopang kehidupan yang terdiri dari plasma, sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan platelet; darah beredar melalui jantung, arteri, vena, dan kapiler membawa nutrisi, elektrolit, hormon, vitamin, antibodi, panas, dan oksigen ke jaringan dan kembali membawa zat limbah dan karbon dioksida.

Darah terdiri daripada beberapa jenis korpuskula yang membentuk 45% bagian dari darah, angka ini dinyatakan dalam nilai hermatokrit atau volume sel darah merah yang dipadatkan yang berkisar antara 40 sampai 47. Bagian 55% yang lain berupa cairan kekuningan yang membentuk medium cairan darah yang disebut plasma darah.

Ada beberapa sistem penggolongan darah pada manusia, misalnya sistem ABO dan rhesus (Rh). Dasar penggolongan darah adalah adanya aglutinogen (antigen) di dalam sel darah merah dan aglutinin (antibodi) di dalam plasma (serum). Aglutinogen adalah zat yang digumpalkan dan aglutinin adalah zat yang menggumpalkan.

Berdasarkan uraian diatas maka sangatlah perlu dilakukan praktikum cara mengetes golongan darah pada manusia, dan perlu juga mahasiswa mengetahui bagaimana membuat apus darah serta menghitung sel darah.

B.    Tujuan

Adapun tujuan dari praktikum ini adalah:
1.    Menghitung jumlah butir-butir darah merah (BDM) per mm3 darah
2.    Menetukan golongan darah menurut system A B O dan Rhesus
3.    Membuat apus darah

 

FULL TEXT DOWNLOAD HERE

0 komentar:

Posting Komentar