Minggu, 25 September 2016

[Laporan Praktikum] Ekologi: Analisis Vegetasi

PENDAHULUAN


 

1. Latar Belakang

Vegetasi merupakan kumpulan tumbuh - tumbuhan, biasanya terdiri dari beberapa jenis yang hidup bersama-sama pada suatu tempat.Dalam mekanisme kehidupan bersama tersebut terdapat interaksi yang erat, baik diantara sesama individu penyusun vegetasi itu sendiri maupun dengan organisme lainnya sehingga merupakan suatu sistem yang hidup dan tumbuh serta dinamis.

Ada berbagai metode yang dapat di gunakan untuk menganalisa vegetasi ini. Diantaranya dengan menggunakan metode kuadran atau sering disebut dengan kuarter.  Metode ini sering sekali disebut juga dengan plot less method karena tidak membutuhkan plot dengan ukuran tertentu, area cuplikan hanya berupa titik. Metode ini cocok digunakan pada individu yang hidup tersebar sehingga untuk melakukan analisa denga melakukan perhitungan satu persatu akan membutuhkanwaktu yang sangat lama, biasanya metode ini digunakan untuk vegetasi berbentuk hutan atau vegetasi kompleks lainnya.

Pada praktikum ini akan dilakukan analisis vegetasi menggunakan vegetasi. Dimana peta vegetasi dijadikan objek pengukuran dan diangap sebagai hutan yang di tumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan.

 

 2.  Tujuan

Tujuan dilakukannnya praktikum ini yaitu mengetahui dan mempelajari struktur serta komposisi vegetasi komunitas tumbuhan yang ada di suatu area dengan menganalisis karakter komunitas yang meliputi kerapatan, kekerapan, dominasi dengan menggunakan metode kuadrat.

 

Full document please download here

0 komentar:

Posting Komentar