Selasa, 13 Oktober 2015

Ciptakan Generasi Penulis, UKM-P Gelar Pelatihan Kepenulisan

Minggu, (11/10), Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKM-P) Universitas Lampung menggelar Pelatihan Kepenulisan dan Pengenalan Keorganisasian UKM-P di Gedung C FKIP Unila, dengan tema “Membangkitkan semangat anggota guna menyongsong UKM-P yang lebih baik”.

Acara ini mendapat apresiasi dari banyak anggota muda UKM-P, hal ini terbukti dari 37 peserta yang hadir sangat antusias mengikuti dari awal hingga selesai acara. Dan juga semua peserta diwajibkan memiliki paling tidak satu judul PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) dan diajukan dalam bentuk proposal PKM.

Diisi oleh tiga pemateri dengan tiga fokus masing-masing, yaitu M. Iwan Satriawan, S.H, M.H (Akademisi Universitas Lampung) dengan fokus materi kepenulisan essai, Lugito (Alumni Universitas Lampung) dengan fokus materi kepenulisan karya tulis ilmiah, dan yang terakhir yaitu Drh. Madi Hartono, M.P (Pembina UKM-P) dengan fokus materi keorganisasian.

M. Iwan Satriawan mengungkapkan bahwa dalam kepenulisan, terutama essai, dalam kepenulisannya tidak usah berfikir bahwa tulisan kita akan laris dipasar, tulis saja apa yang baik dan dibutuhkan masyarakat. Karena ketika mengikuti kebutuhan masyarakat, maka tulisan tersebut akan selalu dikenang dalam kurun waktu yang lama. Berbeda dengan jika mengikuti kebutuhan pasar, maka tulisan kita hanya akan menjadi trending topic dalam kurun waktu yang sangat singkat.

“Tulis saja apa yang dibutuhkan masyarakat, maka tulisan kita akan abadi. Namun ketika menulis sesuai kebutuhan pasar, maka tulisan kita hanya akan menjadi tulisan yang akan dilupakan. Seperti banyak tulisan KH. Abdurrahman Wahid yang menulis sesuai kebutuhan masyarakat, maka sampai saat ini tulisannya pun masih banyak dibaca oleh orang, meskipun beliau sudah tiada” Ujar M. Iwan Satriawan yang merupakan santri asal Jawa Timur.

Berbeda dengan Lugito, yang lebih menekankan pada pemotivasian penulisan. Ia mengungkapkan bahwa dalam menulis harus ada kemauan, yang kemauan tersebut akan selalu memotivasi diri untuk selalu menulis karya-karya hebat.

Sedangkan pada materi keorganisasian, Drh. Madi Hartono, M.P mengatakan bahwa dalam organisasi, semua aspek harus sinkron. Proses sinkronisasi pun tidak mudah, ketua organisasi harus bisa mengambil peran tersebut.

“Dalam sebuah organisasi tidak akan berjalan lancar jika semuanya tidak sinkron, ketua harus mampu untuk menyinkronkan semuanya” Tukas Madi Hartono yang juga akademisi Universitas Lampung.

Pada serangkaian acara ini, diharapkan semua anggota muda UKM-P dapat menjadi seorang organisator yang dapat menulis dengan baik. Selain itu juga lebih mengenal satu sama lain mulai dari sesama anggota muda maupun pengurus.

0 komentar:

Posting Komentar